Pentingnya ISO 27001 Sebagai Sistem Manajemen Keamanan Informasi di Perusahaan

 

Di era digital dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, semua orang dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber dengan cepat. Sayangnya, hal ini memiliki dampak negatif dari sisi keamanan data. Inilah kenapa pentingnya ISO 27001 sebagai sistem manajemen keamanan informasi di perusahaan. Apa itu dan kenapa penting ? Yuk cari tahu.

Apa Itu ISO 27001 ?

ISO 27001 adalah sistem manajemen keamanan informasi atau ISMS (information security management systems), yang telah diakui secara internasional. Standarisasi ini diterbitkan oleh ISO (International Organization for Standardization), bekerja sama dengan IEC (International Electrotechnical Commision).

ISO 27001 dapat diterapkan oleh semua jenis organisasi, termasuk instansi pemerintah, perusahaan komersial, maupun organisasi non-profit. Dan standar tersebut dapat pula diterapkan dari perusahaan multinasional hingga usaha mikro. Dengan adanya sertifikat ISO/IEC 27001, maka organisasi atau perusahaan bisa membuktikan kemampuannya menjaga keamanan informasi yang diberikan.

Sebab sertifikasi ISO 27001 membuat lembaga dapat mengelola, mengendalikan, dan menjaga risiko keamanan informasi perusahaan, yang mencakup integritas, ketersediaan, dan kerahasiaan. ISO 27001 ini diperbaharui pada Oktober 2022, untuk menggantikan versi sebelumnya yang diterbitkan pada tahun 2013.

Pentingnya Standarisasi ISO 27001

  1. Menjaga Privasi dan Integritas

Pentingnya ISO 27001 pada perusahaan adalah karena sistemnya mampu menjaga privasi dan integritas. Dimana privasi dan integritas ini adalah dua hal prioritas yang wajib dijaga oleh setiap organisasi. Dan sistem manajemen keamanan informasi adalah cara tepat untuk memastikan bahwa informasi yang disimpan oleh perusahaan tidak ada yang bocor.

Dimana sertifikasi diberlakukan untuk mengatur penyimpanan data, akses, kontrol, dan menggunakannya secara aman. Pendekatannya sendiri dilakukan secara sistematis untuk membantu dalam mengidentifikasi, mengelola, sekaligus mengurangi ancaman terhadap informasi yang ada. Sehingga terjaganya privasi dan integritas perusahaan pun bisa diperoleh.

  1. Memperkuat Struktur Organisasi

Dengan menjaga privasi dan integritas, maka secara otomatis akan membantu memperkuat struktur organisasi perusahaan anda. Semua garis koordinasi bisa ditentukan, seperti siapa yang bertanggung jawab terhadap aset informasi, siapa yang memegang tanggung jawab atas akses ke informasi, dan siapa yang akan membuat keputusan.

Apalagi menerapkan ISO 27001 membuat perusahaan secara keseluruhan dilindungi oleh keamanan yang memadai, termasuk dalam hal teknologi, prosedur, dan stafnya. Sehingga mampu menciptakan budaya organisasi yang sadar akan keamanan informasi. Dari sini, jelas bahwa struktur organisasi pun akan semakin kuat.

  1. Menghindari Kerugian Finansial Akibat Kebocoran Data

Salah satu alasan lain kenapa ISO 27001 penting untuk diterapkan, yaitu karena standarisasi ini dapat menghindarkan perusahaan dari kerugian finansial akibat kebocoran data. Perlu diketahui bahwa kebocoran data memang dapat menghadirkan banyak negatif bagi perusahaan. Bukan hanya mencoreng reputasi baik organisasi, tapi juga menimbulkan kerugian finansial yang cukup besar dalam bisnis.

  1. Mempertahankan Konsumen

Keamanan data konsumen adalah suatu prioritas, karena tentu tidak ada yang menginginkan datanya bocor atau bahkan sampai dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Tidak heran jika semakin banyak konsumen yang tertarik kepada organisasi yang mampu melindungi data pribadi mereka. Sehingga kepemilikan sertifikat ISO 27001 ini akan membantu anda mempertahankan konsumen.

Jadi sudah jelas bukan kenapa ISO 27001 menjadi standar yang penting untuk diterapkan di perusahaan ? Saat ini masyarakat memang semakin aware dengan keamanan data mereka, apalagi di tengah mudahnya akses informasi diperoleh dari berbagai sumber. Maka dari itu, melakukan sertifikasi sistem manajemen keamanan informasi, akan membantu anda dalam mempertahankan konsumen hingga menemukan klien baru.

 

Similar Posts